Saat ini diperkirakan populasi dunia telah melampaui delapan miliar orang. Dari jumlah ini, lebih dari lima miliar orang terhubung ke Internet. Masyarakat online telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, dan terus mengubah dunia di sekitar kita. Hal ini menjadi lebih penting ketika membahas dampak sektor hiburan.
Perkembangan terkini apa yang kita lihat? Bagaimana hal ini mempengaruhi rata-rata orang? Perkembangan tambahan apa yang bisa kita harapkan di tahun-tahun mendatang? Meskipun tidak ada seorang pun yang memiliki bola kristal, masih ada beberapa pengamatan menarik yang dapat dilakukan.
Game interaktif waktu nyata
Artikel yang membahas hiburan online tidak akan lengkap jika gagal menyoroti kasino virtual. Portal-portal ini juga memanfaatkan opsi yang tersedia bagi mereka. Salah satu contoh yang sangat umum datang dalam bentuk permainan taruhan waktu nyata yang memungkinkan pemain berinteraksi dengan pedagang manusia yang mungkin berada ribuan mil jauhnya.
Ini memberikan kesan realisme yang tidak mungkin terjadi di masa lalu. Dari poker dan blackjack hingga roulette dan pertunjukan permainan, satu-satunya batasan nyata berkaitan dengan sifat inovatif dari pengembang perangkat lunak itu sendiri. Hal ini juga membawa kita ke poin berikutnya.
Kecerdasan buatan: dari fantasi ke kenyataan
Banyak ahli menyebut kemunculan kecerdasan buatan (AI) sebagai salah satu perubahan paling besar dalam komunitas hiburan digital. Kami tidak hanya mengacu pada kemampuan seperti kemampuan untuk memberikan representasi manusia yang sangat akurat (seperti yang terjadi di banyak game multipemain daring). AI dalam periklanan juga sama pentingnya.
Tujuan utamanya di sini adalah untuk menyediakan iklan yang lebih relevan dengan selera pribadi konsumen. Hal ini sangat kontras dengan model pemasaran sebelumnya yang berkisar pada kampanye yang lebih umum dan produksi massal. Industri hiburan menyadari bahwa tuntutan individu terhadap apa yang ditawarkan kepada mereka semakin meningkat dibandingkan sebelumnya. Kecerdasan buatan kini mulai mengisi kesenjangan ini.
realitas maya
Realitas virtual adalah teknologi lain yang kini berperan dalam hiburan digital. Produk seperti Oculus Rift dan HTC Vive memberi pengguna kemampuan untuk memasuki dunia realitas virtual yang mendalam. Perlu juga dicatat bahwa perangkat ini jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahun yang lalu.
Artinya, konsumen awam kini bisa memanfaatkan keuntungannya. Pertanyaan utamanya adalah apakah industri hiburan online mampu memanfaatkan peluang ini, karena hal ini dapat mewakili ceruk pasar yang menguntungkan.
Internet nirkabel 5G
Permainan dealer langsung yang dijelaskan di bagian sebelumnya mengandalkan kecepatan transfer yang sangat cepat. Jika tidak, mereka akan mengalami masalah seperti waktu pemuatan yang lambat, pembekuan, dan buffering. Komunikasi nirkabel 5G kini memberikan kemampuan untuk mengirim dan menerima data dalam jumlah besar per detik. Hal ini memberikan peluang unik bagi pengembang game, layanan streaming online, dan, pada kenyataannya, segala bentuk hiburan yang terkait dengan konten media berkualitas tinggi.
Burung dari bulu
Kami mengacu pada game multipemain dalam pengertian ini. Pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan kini memberikan pendekatan yang “lebih cerdas” di sektor MMORPG. Perjodohan yang cerdas, pemain yang dapat disesuaikan, dan avatar unik telah membuka kemungkinan unik yang pasti akan membuat pemain datang kembali untuk menonton lebih banyak lagi. Ini adalah alasan yang sama mengapa waralaba seperti Counter-Strike dan DOTA masih disukai oleh basis penggemar global.
Peluang khusus
Ada banyak orang yang memanfaatkan komunitas hiburan online untuk mendapatkan penghasilan paruh waktu (atau bahkan penuh waktu). Dari blogger perjalanan hingga streamer yang rutin berinteraksi dengan basis penggemar setia mereka, sekali lagi tidak ada batasnya. Menarik juga untuk dicatat bahwa kemampuan berkomunikasi dengan target pasar yang begitu besar telah membuka kemungkinan-kemungkinan baru.
Misalnya, ada hobi yang relatif baru yang dikenal sebagai “bike packing” yang menggabungkan backpacking dan bersepeda, dan merupakan cara menarik untuk menikmati alam terbuka. Oleh karena itu, streamer dan blogger yang memilih untuk berpikir out of the box mungkin dapat menemukan peluang pemasaran yang unik.
Apakah ada kerugiannya?
Meskipun semua perkembangan di atas mengesankan, beberapa individu telah menyatakan sejumlah kekhawatiran potensial:
- Pengguna perlu meningkatkan ke perangkat yang mampu menangani data dalam jumlah besar.
- Dampak kecerdasan buatan terhadap privasi online.
- Beberapa pengguna mungkin tidak dapat mengikuti laju kemajuan yang pesat ini.
Namun, tidak dapat disangkal bahwa sektor hiburan online jauh berbeda dari beberapa tahun lalu. Oleh karena itu, menarik juga untuk melihat apa yang ditawarkan dalam waktu dekat.